Categories
Blogging

Anjing French Bulldog Sebagai Jenis Hasil Persilangan

Salah satu anjing yang cukup terkenal adalah anjing French bulldog. Jenis ini punya tubuh unik karena tampak seperti kerdil. Namun, ukuran anjing tersebut memang kecil atau bisa dikatakan menengah. Mayoritas French bulldog dapat anda gendong dengan tangan dan meletakkannya di pangkuan. Jenis anjing seperti ini biasanya disebut companion dog atau anjing yang dimanfaatkan sebagai teman. Ukuran kepala besar dan bulat sedikit kotak dengan tampilan wajah khas bulldog tang datar. Selain itu, anjing memiliki telinga tegak berdiri. Bentuk ini memudahkan untuk mengenali kondisi sekitar.

Temperamen anjing adalah senang mencari perhatian. Jenis ini sudah mengenal manusia sebagai bagian dari hidup. Pemilik cenderung memelihara di dalam rumah bahkan di kamar. Inilah alasan mengapa anjing ini akan merasa was was jika tidak ada kontak fisik dengan pemilik meskipun hanya satu hari. Kelemahan French bulldog adalah bukan anjing yang cocok untuk bermain di luar ruangan atau taman. Anjing tidak mampu berlari kencang padahal jenis ini keturunan anjing pemburu. Berdasarkan catatan sejarah, french bulldog sudah ada sejak tahun 1800 an.  Beberapa lukisan dan bukti sejarah menunjukkan keberadaan anjing ini. Indukannya adalah Bulldog langka yang kini jarangs sekali bahkan dapat dibilang sudah musnah. Bulldog tersebut hidup di Inggris dan indukan lainnya adalah anjing kecil untuk berburu tikus. Dari gabungan kedua anjing tersebut maka lahirlah jenis ini. Hingga kini, french bulldog sudah mendapatkan pengakuan sebagai ras persilangan.

Sebenarnya, anjing ras baru tidak harus menunggu ratusan tahun untuk diakui. Hampir semua breed baru berasal dari persilangan satu dan lainnya. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mengumpulkan semua gen terbaik. Namun, hasilnya bervariasi dan para breeder hanya memiliki anakan yang sudah berkualitas tinggi. Setelah itu, mereka silangkan kembali hingga muncul anjing baru. Inilah yang terjadi pada crossbreed seperti Mini Goldendoodle. Jenis ini punya potensi menjadi ras baru karena sifat golden retriever ada di dalamnya ditambah dengan doodle yang ikut berkontribusi menurunkan gen kepada jenis ini.