Categories
Blogging

Politik Sistem Yang Di Buat Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara Republik Federal yang menganut sebuah sitem pemerintahan yang bersifat Presidensil. Yang diamana artinya Presiden ini memiliki peran sebagai Badan Eksekutis & Kongres yang memiliki peran sebagai Badan Legislatif. Di negara Amerika Serikat sendiri juga diadsakan suatu pemisahan tehadap kekuasaanya diantara Legislatif, Eksekutif, Serta Yudikatif. Dimana pemisahan ini dilakukan dari sisi pelaksana dan juga fungsi serta kekuasaan dari badan-badan pemerintahan tersebut.

Amerika Serikat ini juga telah melakukan pemilihan Presiden selama 4 tahun sekali dengan sistem yang digunakannya adalah Electoral Votes. Dimana posisi Presiden dnegan WAKIL Presidennya di pilih dalam satu paket yang ini sama saja seperti pemilihan di Indonesia. Walau begitu, sistem yang ada di dalamnya meliputi segala aspek yang ada berbeda pastinya dengan negara lainnya. maka dari itu, disini kita akan berikan beebrapa politik sistem yang ada di Amerika Serikat.

Ideologi Yang Di Miliki Amerika Serikat

Dari hasil kerja Hamilton Murah Franklin ini menjadikan Ideologi Amerika Serikat memiliki ciri-cirinya seperti ini :

  • Demokrasi bisa dikatakan sebagai bentuk pemerintahan yang lebih baik.
  • Masyarakat memiliki kebebasan Intelektual penuh, kebebasan berbicara, beragama serta pers.
  • Pemeritnah hanya mengatur kehidupan masyarakat secara terbatas, dan juga keputusan yang di buat hanya sedikit untuk rakyatanya. Sisanya rakyatnya yang menentukan sendiri keputusan yang dimilikinya.
  • Kekuasaan dari seseorang terhadap orang lain dianggap sebagai tindakan yang buruk. Maka dari itu, diadakannya pemerintahan agar terhindar penyalahgunaan kekuasaan.
  • Masyarakat bisa dikatakan bahagia, jika individunya atau sebagian besar dari individu tersebut merasa bahagia.

Bentuk Dari Pemerintahan Di Amerika Serikat

Federasi menjadi bentuk pemerintahannya. Dimana dalam hal ini beberapa negara bagian kerja sama dan juga membentuk negara kesatuan. Dalam amsing-masing negara itu memiliki beberapa otonomi khusus dan pemerintahan pusatnya mengatur urusan yang dianggap memang Nasional. Bentuk negaranya sendiri merupakan Republik sama seperti Indonesia “ Republik Indonesia”. Dimana dalam hal ini, suatu negara memiliki pemerintahan yang akhirnya harus bercabang pada rakyat, bukan berdasarkan pada prinsip dari keturunan bangsawaan. Jika diambil, istilahnya bersal dari bahasa latin Res Publica yang berarti Urusan Awam. Dimana artinya kerajaan akan dikawal oleh rakyat.

Jika kalian ingin bertandaya mengenai Sistem Pemerintahannya AS itu apa ? maka jawabannya ialah Presidensil. Dengan ini kalian harus bisa membedakan mana bentuk pemerintahan dan bentuk negaranya yah. Dimana kekuasaan eksekutif ini sendiri bsia dipilih melalui pemilu dan pastinya akan terpisah dengan kekuasaan legislatif yang ada.

Sistem Pemerintahan Yang Dimiliki AS

 Sitem pemerintahannya merupakan hasil dari Konstitusi tahun 1787, yang diaman telah mengalami beberapa Amandemen. Berikut ini adalah inti pokok yang ada pada sistem pemerintahan AS :

  • Sudah bisa dipastikan, karena bentuk negaranya adalah Federasi jadai sitem pemerintahan yang dianut adalah Presidensil.
  • Adanya pemisahan sitem kekuasaan yang sangat tegas terhadap ELK atau Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Diamana diantara ke 3 nya akan ada Check & Balance sehingga tidak ada yang telalu mendominasi.
  • Kekuasaan Eksekutifnya dipegang langsung oleh Presiden. Dimana Presiden kepala negara yang dipilih melalui pemilu sehingga tidak ada tanggung jawab pada Kongres.
  • Kekuasaan Legislatif berada pada parlemen yaitu Kongres. Dimana Kongres ini terdiri atas 2 bagian yaitu : Senat dan juga House Of Representatif.  Dimana dalam Senata anggotanya tiap negara terdiri dari 2 , yang berarti 100 senator. Sedangakan HOR didasari atas jumlah kependudukannya.
  • Kekuasaan Yudikatif akan berada pada MA atau Mahkamah Agung.
  • Sistem dari kepartaiannya menganut Dwipartai. Yang artinya terdapat 2 partai yang mendominasi di Amerika Serikat yaitu Demokrat serta Republik.
  • Sistem Dsitrik merupakan sistem Pemilu yang ada di Amerika Serikat.
  • Sistem pemerintahan yang ada pada negara bagian ini memiliki prinsip yang dimana hampir sama saja dengan pemerintahan yang federal. Negara bagian ini nantinya akan di pimpin langsung oleh sorang Gubernur. Diaman Gubernur ini memiliki parlemen yang sebagian besarnya merupakan “Bikameral”.

Dimana dalam hal ini ELY bisa kalian mengerti tugasnya Lgislatif = Membuat UU, Eksekutif = Menjalankan UU, dan Yudikatif = Mengawasi jalannya UU. Dan tugas inilah dilakukan agar terciptanya check dan balance dalam sistem pemerintahan yang Negara tersebut jalani.