Categories
Blogging

Kenali Tokoh Revolusi Negara Amerika Serikat

Amerika tidak akan berkembang dan maju pesat negaranya hingga saat ini tanpa bantuan sang revolusi negara. Tokoh ini memiliki peranan penting pastiny dalam mendeklarasikan kemenangan kemerdekaan negaranya tersebut. hal ini juga sama saja seperti negara Indonesia yang selalu mengenang Presiden Ir. Soekarno, yang dulu maju dalam mebela bangsa mati-matian dibantu oleh tokoh penting lainnya sehingga Indonesia sudah merdeka dan terbebas dari jajahan yang bertubi tubi menghampiri Indonesia.

Jika kalian belum mengetahui siapa sja yang merupakan Tokoh Revolusi dari negara Amerika Serikat ini. maka kalian wajib baca artikel selengkapnya di bawah ini dengan seksama agar nanti bisa jadi pembelajaran lebih untuk kalian mengenai Politik yang ada di Amerika Serikat.

Tokoh Revolusi Amerika Serikat

Tokoh yang memang memiliki peran sangat penting terhadap revolusi negara di Amerika Serikat dalam mendeklarasikan kemerdekaan negaranya tersebut :

#1 Samuel Adams

Merupakan pemimpin kelompok radikal yang paling efektif. Dimana ia selalu ebekrja keras tanpa kenal lelah untuk mencapai tujuan kemerdekaan. Adams sendiri memiliki tujuan untuk membebaskan orang-orang dari kekaguman mereka terhadap adanya sosok sosial dan politik yang berkuasa, serta ingin menyadarkan mereka semua akan kekuatan serta pentingnya diri sendiri. Dimana pada tahun 1772 Adams pun membujuk adanya rapat kota di Boston dan memilih KOMITE KORESPONDEN untuk menyatakan hak dan juga keluhannya dari warga koloni. Dan disini Adams jugalah yang menyulut API Revolusi pada peristiwa “ The Boston Tea Party.

#2 Thomas Paine

Untuk yang satu ini merupakan teoris politik radikal dan juga merupakan penulis yang datang dari inggris pada tahun 1774. Paine ini sendiri memiliki gagasan tentang monarki yang berdasarkan warisan dan juga menyatakan satu orang yang jujur akan lebih berarti bagi masyarakat daripada seluruh penjahat yang ada bermahkota yang pernah hidup. Ia memberikan alternatif untuk terus menyerah pada raja Tiran dan pemerintahan yang usang, atau juga bebas dan bahagia sebagai sautu republik yang merdeka serta mandiri. Karena dalam hal ini Common Sense yang merupakah risalah 50 halaman buatan Paine ini yang membantu mengambil keputusan terhadap kemerdekaan.

  #3 Thomas Jefferson

Dialah seorang penulis Deklarasi Kemerdekaan yang terilhami langsung oleh karyanya Paine yaitu “ Common Sense” serta teori-teori kebebasan dan juga kemanusiaan oleh tokoh bernama John Locke. Jefferson sendiri telah mendirikan Univercity Of Virginia dan juga membangun salah satu rumah Amerika yang sangat terkenal, Monticello di daerah Charlottesville , Virginia.

#4 George Washington

Goerge sendiri yang harus kalian ketahui merupakan Letnan Kolonel di daerah Virginia sana. Di tahun 1776. Revolusi kemerdekaan Amerika ini pecah dan Kongres Kontentinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan juga memisahkan diri dari kerajaan Inggris. Kepemimpinan George sendiri memiliki kontribusi yang banyak sekali dalam keberhasilannya dalam daerah daerah jajahan di Amerika untuk memperjuangkan kemerdekaannya itu. Tahun 1783 akhirnya Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, yang kemudian George sendiri kelaur dari anggota tentara. Tepatnya di tahun 1787, George menjadi seorang ketua Konvensi Konstitusional. Dan setelah Konstitusional itu disahkan, George dipilih dengan suara bulat menjadi Presiden Amerika Serikat untuk pertama kali di tahun 1789.

#5 Benjamin Frenklin

Yang terkahir adalah Benjamin Frenklin. Mungkin untuk tokoh yang satu ini sudah tidak akan asing algi dimata para pembaca yah. Dimana ia sendiri merupaakn sosok ilmuwan, penemu, penulis juga, penerbit koran, bapak dari kota Philadelphia, Diplomat dan juga sekaligus sebagai penanda tangan pada Deklarasi Kemerdekaan atau dikenal Declaration Of Independence serta Undang-Undang. Sebelum adanya terjadi revolusi , Franklin sendiri sudah berperan aktif didalam mewujudkan nilai nilai kehidupan yang ada di sana dari sifat praktis yang cerdas dan juga memiliki keyakinan optimis dalam peningkatan diri yang sering sekali di asosiasikan dengan Amerika Serikat.

Dampak Revolusinya Terhadap Indonesia

Dalam hal ini, Indonesia sendiri semangat dalam menghadapi Revolusi Amerika yang meamng mempengaruhi dalam pergerakan Nasional. Pengaruh inilah yang bersifat kepada paham-paham mengenai hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh suatu kemerdekaan serta kedaulatan negara. Munculnya beberapa organisasi yang meliputi Indiche Partij, Perhimpunan Indonesia dan PNI ini juga mewujudkan terisnpirasinya dari Revolusi Amerika itu sendiri. Dari sinilah organisasi tersebut menjadi salah satu cikal bakal gerakan kemerdekaan Indonesia lainnya hingga akhirnya berujung pada pencapaian kemerdekaan yang diproleh langsung dengan kekuatan tangan Bangsa Indonesia itu sendiri.